Comscore Tracker

Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan, DPD RI Utamakan Musyawarah

Pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan berlangsung lancar

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) menggelar pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan, Selasa (8/10), di Gd B DPD RI. Nantinya para pimpinan yang terpilih akan memimpin Alat Kelengkapan DPD RI, antara lain Komite I, Komite II, Komite III, Komite IV, PURT, PPUU, BULD, dan BAP.

Ketua DPD RI La Nyalla mengatakan bahwa sejak awal DPD RI sudah mengonsepkan musyawarah mufakat untuk memilih pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI.

"Sebelum penentuan Alat Kelengkapan ini, kita semua pimpinan sudah bersepakat. Kita ingin supaya ini rata, semua punya tanggung jawab masing-masing," tutur Ketua DPD RI La Nyalla.

1. Musyawarah mufakat dikedepankan dalam pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI

Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan, DPD RI Utamakan MusyawarahIDN Times/Ezri TS

Senada dengan Ketua DPD RI La Nyalla, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan bahwa pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI kini memang mengedepankan musyawarah untuk mufakat.

"Ya, demokrasi kita kan demokrasi Pancasila, mengedepankan musyawarah mufakat. Oleh karena itulah terlihat dari pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan ini semuanya musyawarah untuk mufakat," tutur Wakil Ketua DPD RI Mahyudin.

2. Pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI berjalan lancar

Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan, DPD RI Utamakan MusyawarahIDN Times/Ezri TS

Pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI secara musyawarah mufakat membuat rapat berjalan lancar hingga selesai. Hal tersebut berkat tata tertib (tatib) saat ini sehingga para pimpinan DPD RI dapat mengatur rapat agar berjalan lancar.

"Saya kira tatib sekarang juga bagus, ya, untuk memastikan semua alat kelengkapan itu bisa merata terbagi menggambarkan subwilayah masing-masing sehingga rapat berjalan lancar semuanya," tutur Wakil Ketua DPD RI Mahyudin

Mahyudin menambahkan, "Kalau dilaksanakan dengan sistem voting, mungkin sampai sore enggak selesai. Oleh karena itulah, alhamdulillah semua berjalan lancar dan (pimpinan) Alat Kelengkapan DPD RI ditetapkan. Tinggal dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan."

3. La Nyalla: Anggota DPD RI harus bekerja sama dengan pemerintah

Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan, DPD RI Utamakan MusyawarahIDN Times/Ezri TS

Dengan ditetapkannya para pimpinan Alat Kelengkapan, menandakan seluruh anggota DPD RI siap bekerja. Terhitung mulai minggu depan, anggota DPD RI periode 2019--2024 akan tancap gas bekerja.

"DPD RI insyaallah sudah siap bekerja. Minggu depan bisa 'berlari kencang'. Banyak tugas konstitusional. Mungkin akan dibahas undang-undang yang masih tertunda. Tapi juga mungkin DPD RI akan menggarap isu-isu terbaru di depan mata kita," tutur Wakil Ketua DPD RI Mahyudin.

La Nyalla pun mengatakan bahwa DPD RI akan terus membangun daerah. Selain itu, Ketua DPD RI itu berpesan bahwa semua anggota harus bekerja sama dengan pemerintah.

4. Banyak tantangan dari daerah sudah menunggu anggota DPD RI

Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan, DPD RI Utamakan MusyawarahIDN Times/Ezri TS

Banyak tantangan terutama di daerah, yang harus dihadapi anggota DPD RI. Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan bahwa tantangan tersebut antara lain banyak daerah dan kabupaten yang masih tertinggal, bagaimana memperjuangkan agar daerah-daerah tertinggal itu bisa maju seperti daerah lainnya, serta memperjuangkan untuk mengurangi disparitas pembangunan antara pusat dan daerah.

"Jadi PR-PR itu saya kira masih menumpuk yang harus kita kerjakan. Yang jelas DPD RI kali ini, kita ingin berlari cepat, ingin bekerja maksimal, untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Sebab, kami percaya kalau daerah maju, maka Indonesia maju," tutur Mahyudin.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You