Comscore Tracker

Terowongan Mina Mati Lampu, Jemaah Haji Sempat Dilarang Masuk

Jemaah haji diimbau tetap tenang

Jakarta, IDN Times - Terowongan Mina tepatnya di terowongan atas menuju jalur atas Jamarat 3, atau lantai 3 sempat mengalami mati lampu pada Minggu (10/7/2022), sekitar pukul 05.15 hingga 06.10 Waktu Arab Saudi (WAS).

Polisi Arab Saudi yang tepat berada di depan pos akhirnya menghentikan laju rombongan jemaah.

"Kebetulan, posisi jemaah yang tadi dihentikan oleh polisi Arab Saudi tepat berada di depan pos, oleh karena itu petugas dan kami memberikan arahan dan memberi edukasi agar jemaah tidak panik dan tenang karena hanya beberapa saat saja. Mereka diminta menunggu perbaikan," kata Wakasatops Masyair 3, Harun Al Rasyid di Mina, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Menag: Tenaga Kesehatan Kunci Sukses Pelayanan Jemaah Haji

1. Listrik padam kemungkinan akibat korsleting arus pendek

Terowongan Mina Mati Lampu, Jemaah Haji Sempat Dilarang MasukSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Harun mengungkapkan, padamnya listrik kemungkinan akibat korsleting arus pendek. Menurutnya, tanda-tanda tersebut sebetulnya sudah terjadi sejak malam, sehingga lampu depan terowongan kadang mati kadang hidup.

"Tadi pagi, begitu jemaah selesai Subuh mau ke Jamarat melewati terowongan tersebut terjadi mati lampu, tapi alhamdulillah tidak lama segera bisa diatasi oleh pihak Arab Saudi dan sekarang sudah normal kembali," ungkap Harun, dilansir ANTARA. 

2. Petugas berikan edukasi terkait Jamarat yang akan dilalui

Terowongan Mina Mati Lampu, Jemaah Haji Sempat Dilarang MasukIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Selain memberhentikan laju jemaah, petugas juga memberikan edukasi terkait Jamarat yang akan mereka lalui.

"Jemaah menunggu dihentikan dan petugas memberikan edukasi juga informasi seputar Jamarat yang akan mereka lalui di lantai tiga," ujar Harun.

Baca Juga: Simposium Haji Akbar di Arab Saudi, Wamenag Sebut 4 Dimensi Haji

3. Tidak ada korban dalam kejadian Mina

Terowongan Mina Mati Lampu, Jemaah Haji Sempat Dilarang MasukSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Harun menjelaskan, pihaknya tidak melihat ada korban. Hal itu lantaran tenaga ahli mampu mengatasi permasalahan dengan cepat.

"Kami lihat mereka segera melakukan dengan baik dan atas kejadian ini, mereka sudah menyiapkan tenaga ahlinya bagian listrik untuk mengantisipasi kejadian tersebut," kata Harun.

Ia mengimbau, jemaah calon haji agar tidak panik jika terjadi lagi mati listrik.  

"Karena dalam keadaan panik justru situasi tidak kondusif, ditambah padatnya jemaah maka jemaah haji diimbau tetap tenang," ujar Harun.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya